Jumat, 30 September 2016

Impian Jelajah "Tanah" Batik di Bulan Batik

Sebagai pecinta kain tradisional, bulan Oktober tentu menjadi salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu. Apalagi kalau bukan karena moment peringatan Hari Batik. Selain dapat menjadi ajang pemersatu bangsa, pemburu diskon seperti saya ini akan jeli melihat penawaran yang dilakukan para penjual batik, baik yang berjualan secara online maupun offline. Karena itulah saya berencana untuk berburu batik di Solo. Siapa tahu nanti bisa berburu diskon menarik untuk berbagai motif kain batik yang sudah lama saya lirik ^^

Tenun Dibatik alias Tenun Batik

Karena saya berasal dari Jogja, seringkali saya mendapati beberapa pertanyaan seperti: “Kenapa sih beli batiknya harus keluar kota? Bukannya buang-buang ongkos juga ya? Toh di Jogja juga ada. Banyak pula!”.

Bagi saya ini bukan soal "rumput tetangga" (dalam hal ini konteksnya adalah kain batik diluar batik Jogja) yang senantiasa terlihat lebih hijau. Ini juga bukan karena saya sudah bosan atau merasa sudah tahu banyak tentang batik Jogja lho ya! Selain untuk menambah pengetahuan, saya tipikal orang yang suka jalan, suka bertemu banyak orang dan suka menikmati "aroma" dan nuansa yang tercipta dalam setiap perjalanan. Selebihnya, sebenarnya saya masih belum puas wira-wiri plus tanya sana-sini tentang batik-batik cantik di Kampung Batik Kauman, Solo. Pasalnya terakhir kali ke sini, saya hanya punya waktu luang selama beberapa menit saja. 

Waktu itu tiket pulang ke Jogja sudah tertera pukul 17.00 sore. Usai menonton sebuah festival di Solo, ternyata kami (saya dan seorang kawan) sampai di Stasiun Balapan pukul 16.00 sore. Akhirnya kami memutuskan untuk mengisi waktu luang menuju Kampung Batik Kauman. Eh pas sampai di sana ternyata banyak toko yang sudah tutup. Tak ayal kami hanya sempat memasuki dua toko saja. Itupun dengan waktu kunjung yang super kilat. Hanya sekian menit saja. 

Karena itulah usai gajian nanti, saya dan Rini (teman perjalanan saya kali ini) bersepakat untuk kembali ke Solo. Bagi kami sebuah perjalanan bukan dinilai dari jarak yang ditapak, namun dari ilmu, teman dan pengalaman baru yang dapat diburu. 

Berawal dari Festival Payung

Rencana Liburan Impian kali ini tidak lepas dari Festival Payung 2016. Event tahunan Solo yang satu ini memiliki magnet tersendiri bagi para pemburu selfie ataupun wefie seperti saya. Pasalnya selain bertabur payung, acara bertaraf internasional ini juga diikuti oleh banyak komunitas di sekitar Solo, mulai dari komunitas peduli lingkungan, komunitas crafting, pengrajin payung kayu hias hingga pengrajin tenun tradisional dari Klaten. Ada juga puluhan stand makanan dan aneka minuman. Pokoke lengkap!


Festival Payung 2016
Sebagai pecinta kain tradisional, sebenarnya saya tidak menyangka akan menemukan pengrajin tenun tradisional dalam event wisata kali ini. Ternyata selain menyediakan stand untuk berbelanja, salah satu produsen tenun tradisional yang berpartisipasi dalam event Festival Payung 2016 ternyata membawa salah satu alat tenun bukan mesin atau yang dikenal luas dengan singkatan ATBM. Jadi selain dapat melihat berbagai kreasi tenun tradisional, wisatawan dapat melihat langsung tata cara belajar pembuatan tenun tradisional langsung dari pengrajinnya. Keren deh!

Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM)
HContoh Tenun ATBM (Tenun dan Tenun Batik alias Tenun yang Dibatik)
Usai melihat-lihat kain tenun yang ada, akhirnya pilihan saya jatuh pada tenun motif hujan gerimis berwarna unik, yakni gradasi antara abu, hijau dan sedikit kebiruan. Jujur saya belum pernah melihat gradasi warna tenun hujan gerimis yang demikian kaya. Selain karena warna yang menawan mata, tenun cantik yang satu ini dapat dikombinasikan dengan beberapa baju yang saya miliki. Kalau dilihat-lihat, warna tenun ini bagus juga dipadu-padankan dengan shibori.

Stelan Tenun Hujan Gerimis
Sejam di Kampung Batik Kauman
Usai jalan-jalan dan kulineran, ternyata saat sampai di Stasiun Balapan kami masih memiliki waktu luang sekitar satu jam lamanya. Akhirnya saya dan Rini sepakat untuk menghabiskan sisa waktu yang ada untuk menikmati wisata kilat di Kampung Batik Kauman. Kebetulan waktu itu ada tukang becak yang bersedia mengantar kami berwisata kilat di kampung batik kenamaan ini. 

Kampung Batik Kauman merupakan salah satu kampung batik di  Solo yang dikemas begitu apik. Selain menjadi salah satu produsen batik cap maupun tulis di Solo, kawasan ini memiliki banyak galeri yang menjajakan berbagai kreasi batik mulai dari baju, syal, produk perawatan batik, aksesoris hingga dompet, tas, cluth dan berbagai produk fashion lainnya. Berikut penggalan keseruannya!

Batik Gunasti

Batik Gunasti
Setelah memilih dengan seksama, akhirnya pilihan saya pun jatuh pada pashmina manis berikut ini ^^

Pashmina Batik
Karena berniat kembali ke Solo dalam waktu dekat, otomatis kami pun mencari cara agar tetap berwisata tanpa mengeluarkan banyak dana. Kalau saya sendiri tertarik untuk stay beberapa hari di sini. Selain bisa belanja plus menimba pengetahuan sebanyak-banyaknya, pengennya sih bisa kulineran juga. Apalagi kini tersedia pilihan menarik agar liburan dapat berjalan tanpa memakan banyak anggaran. Penasaran gimana caranya? Yuk ceki-ceki segera!

Tips Mendapatkan Liburan Impian yang Murah, Mudah dengan Resiko Rugi Rendah
Seiring dengan perkembangan teknologi, kini terdapat banyak aplikasi yang dapat memudahkan urusan liburan para wisatawan. Salah satu cara mendapatkan liburan impian yang murah, mudah dengan resiko rendah ternyata dapat dilakukan dengan membuka website Tixton.com. Karena tak kenal maka tak sayang, yuk kenalan dulu sama Tixton.com. 

Tixton.com merupakan penyedia layanan kamar hotel online yang sedang berkembang. E-commerce ini akan membantu Anda menemukan hotel dengan harga terbaik hanya dengan beberapa kali klik. Tinggal masukkan saja rencana perjalanan dan kota tujuan. Usai klik klik klik, Tixton akan menyajikan hotel murah sesuai anggaran liburan yang disediakan. Jadi kini tak perlu khawatir lagi saat ingin menemukan penginapan murah saat liburan. Lantas kenapa harus Tixton.com ya? Memangnya apa saja keunggulannya? 

*Tixton.com Banyak Diskon*
Ternyata e-commerce yang satu ini menawarkan banyak diskon lho! Tidak percaya? Buka saja website resminya! Ini contohnya! Diskonnya pun tak main-main! Ada yang diskonnya sampai 38%! Mantep!

*Informasi Tixton.com Lengkap*
Selain itu, Tixton.com juga memberikan review yang hotel yang lengkap, mulai dari alamat, fasilitas, sejarah hingga deskripsi hotel.


*Sudah Murah, Pembayarannya Juga Mudah*
Dan yang paling penting, selain murah, booking hotel di sini itu pembayarannya juga mudah. Tidak percaya? Ini buktinya!


*Ada Lagi Kelebihan Lainnya? Banyak!*
Selain murah, jika voucher hotel yang dibeli di Tixton.com tidak jadi digunakan, voucher tersebut bisa dijual lagi. Sudah murah, minim resiko pula! Noted ya!

Menariknya lagi, menyambut musim liburan akhir tahun 2016 ini Tixton mengadakan promo berhadiah tiket pesawat PP dan uang tunai lho! Cara mengikutinya pun sangat mudah, cukup beritahu Travel Wish Anda pada Tixton dengan membuka Create Travel Wish di Tixton.com lalu isi tujuan perjalanan, hotel idaman dan tanggal perjalanan impian Anda. Selanjutnya Tixton akan memberikan harga garansi lebih rendah dibandingkan sumber lainnya. Tidak percaya? Coba saja! Asyiknya lagi, promo ini masih berlaku hingga 14 November 2016 nanti. 

Ternyata kejutan Tixton tidak berhenti sampai di sini. ternyata ketika Anda membeli hotel yang ditawarkan Tixton dari fitur Travel Wish tersebut, Anda juga berkesempatan memenangkan tiket pesawat untuk 2 orang ke airport terdekat dari hotel tujuan. Selain itu ada juga kesempatan untuk memenangkan uang tunai Rp 5 juta sebagai uang saku selama perjalanan untuk periode 1 Desember 2016 sampai 28 Februari 2017. Nantinya akan ada satu pemenang yang diundi setiap bulan. Yakin nggak mau nyobain?



Salam hangat dari Jogja,
-Retno-

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Blog "Liburan Impian" yang Diselenggarakan Oleh Tixton.com

Banner Lomba Liburan Impian By Tixton.com


2 komentar:

  1. wah wisata ke kampung batik begini pasti seru ya mba. Cuci mata banget. dan harus siap2 dompet.. hihi

    BalasHapus
  2. Waaaaaaa,, terima kasih atas kunjungannya Mb Ira^^ Seru banget Mb,, apalagi kalau ke sananya naik becak.. Cuma ya gitu deh,, kudu siapin isi dompet yang tebel juga,, hihi.. Tapi nggak nyesel kok,, ada harga,, ada kualitas..

    BalasHapus

 

Cerita NOLNIL Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates