Selasa, 16 Agustus 2016

Sepenting Apakah Penghargaan Dimata Seorang Generasi Muda?

Sejak dahulu, penghargaan identik dengan pahlawan dengan segala jasanya. Dalam hal ini, pengertian pahlawan sangatlah luas. Meski demikian, sejatinya seseorang tetap berpotensi menjadi seorang pahlawan yang pantas mendapatkan penghargaan. Dalam lingkup kehidupan yang besar seperti kehidupan berbangsa dan bernegara misalnya, dalam skala besar seperti ini tentu jasa para pahlawan tidak hanya disematkan pada pejuang kemerdekaan yang berjuang menggunakan senjata maupun diplomasi semata, namun simbok-simbok penjual atau penyedia makanan bagi para pejuang yang bertempur di medan perang pun layak disebut sebagai pahlawan. Mereka adalah bagian dari pahlawan tanpa tanda jasa bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.


Banner Blog Contest Sodexo (sumber: sodexoevent.com)

Di lingkup kehidupan terkecil yaitu keluarga, seseorang pun memiliki potensi yang sama untuk menjadi seorang pahlawan. Dalam kondisi tertentu, kini, sebutan pahlawa tidak hanya melekat pada orang tua saja, namun dapat pula disematkan pada anak-anak kecil yang berjuang membantu kehidupan keluarga. Tidak jarang bukan ada anak yang rela mengorbankan waktu bermainnya untuk membantu pekerjaan orang tua, ikut membantu merawat orang tua atau bahkan turut berjuang mencari nafkah untuk keluarga. Dalam hal ini, saya tidak membenarkan jika anak dibebani dengan beban yang seharusnya tidak ditanggungnya. Namun realita kehidupam yang ada, terkadang hal tersebut merupakan fakta lapangan yang mungkin sesekali kita lihat seperti di jalan raya maupun aneka destinasi wisata di Indonesia. Intinya semua orang berpeluang menjadi seorang pahlawan yang pantas menerima sebuah penghargaan.

Lalu Apakah Penghargaan Itu?
Penghargaan merupakan suatu apresiasi yang dapat diwujudkan dalam berbagai hal. Penghargaan paling sederhana yang seringkali terlupakan adalah ucapan terima kasih. Meski terkesan sepele, namun ungkapan terima kasih merupakan salah satu bentuk penghargaan yang dapat mempererat hubungan maupun tali peraudaraan.

“Terima kasih Bu, masakannya enak!”.

Bayangkan jika hal ini selalu Anda ungkapkan usai menikmatu masakan ibu. Tentu ibu akan gembira mendengarnya. Begitu pula dengan berbagai hal di kehidupan kita sehari hari, baik di rumah, lingkungan sekolah maupun area kerja kita. Ketika seorang bos berterima kasih pada karyawannya, tentu hal ini dapat berdampak baik pada karyawan yang bersangkutan. Selain merasa dimanusiakan, ungkapan terima kasih dari atasan dapat menjadi penyemangat tersendiri saat bekerja.

Ini baru ungkapan penghargaan yang sederhana, belum penghargaan yang notabene dapat memberi implikasi langsung pada kehidupan si penerima penghargaan. Misalnya penghargaan yang berdampak pada kehidupan ekonomi bagi keluarga yang menerima penghargaan. Saya ingin mengambil contoh kisah bapak yang mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya yang kala itu ditandatangai langsung oleh mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.

Penghargaan ini didapat atas pengabdian bapak dalam dinas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat selama paling sedikit 24 tahun terus-menerus dan menunjukkan kesetiaan tanpa cacat. Ada haru dan bangga jadi satu usai menerima penghargaan tersebut. Pasalnya dengan penghargaan ini, nanti ketika bapak tiada, maka ibu akan mendapatkan gaji pensiun full tanpa potongan selama satu tahun. Usai dijelaskan oleh pengantar sertifikat, ibu saya menangis. Menangis karena bangga, bahagia juga terharu yang terkumpul menjadi.

Lalu Bagaimana dengan Penghargaan untuk Para Blogger?

Ada banyak penghargaan yang kerap disematkan untuk para blogger. Salah satunya tidak lain adalah lomba blog yang diadakan oleh Sodexo kali ini. Dalam Blog Contest Sodexo ini, peserta yang beruntung akan mendapatkan penghargaan berupa Voucher Belanja Sodexo dengan total hadiah senilai puluhan juta rupiah. Nantinya Voucher Belanja Sodexo dapat ditukarkan dengan berbagai Merchant Sodexo yang di berbagai outlet seperti supermarket, pusat perbelanjaan, toko buku, toko baju, spa, salon kecantikan ataupun restoran.

Nanti kalau menang di kompetisi ini, Anda dapat memberikan penghargaan kepada pahlawan-pahlawan di kehidupan Anda dengan berbagai produk menarik, yang dapat disesuaikan dengan selera mereka masing-masing. Apalagi Voucher Belanja Sodexo atau yang dikenal luas dengan sebutan Sodexo Gift Pass ini dapat digunakan di lebih dari 14.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Kalau bingung mau memberi apa, tinggal kirimkan saja Voucher Belanja Sodexo pada para pahlawan Anda tersebut. Biar mereka tentukan sendiri pilihan sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Bahkan berbagi buku untuk perpustakaan juga bisa! Felling excited? Sama!

Kesimpulan
Jadi sepenting apa penghargaan untuk generai muda? Bagi saya itu sepenting apresiasi yang ingin saya bagi pada siapa saja yang menjalankan tugasnya dengan penuh tanggungjawab. Untuk ibu, bapak, kerabat, sahabat, guru, dosen bahkan pada para penjaja sayuran serta penjual makanan hingga angkringan yang bekerja sepenuh hati. Terima kasih atas semua jasa baik kalian.

Lebih dari itu, sejatinya penghargaan itu sepenting aku ingin menghargai dan menghormati segala jasa baikmu.


Salam hangat dari Jogja,
-Retno-

Artikel ini diikutkan dalam Blog Contest Sodexo 2016.

Banner Blog Contest Sodexo (sumber: sodexoevent.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerita NOLNIL Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates