Selasa, 14 Maret 2017

Agar Kehamilan Terasa Semakin Aman dan Nyaman


Sehat Selama Kehamilan
Hadirnya buah hati yang sehat dan tidak kurang suatu apapun tentu menjadi kado terindah dalam setiap pernikahan. Tak ayal setiap pasangan pun melakukan berbagai cara terbaik guna menyiapkan datangnya si buah hati. Dengan dukungan teknologi, kini pemeriksaan kesehatan hingga akses beragam informasi penting seputar persiapan kehamilan pun menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Sayangnya dari sekian informasi yang ada, terselip banyak berita bohong (hoax) atapun mitos yang terlanjur dipercaya secara turun-temurun oleh masyarakat luas atau bahkan lingkup keluarga terdekat. Selain mengundang keprihatinan, kedua jenis informasi tersebut ternyata bisa berdampak buruk bagi psikis maupun kesehatan ibu hamil. Yang tidak mau keblinger dengan informasi yang nggak bikin pinter kan, yuk kenali kebenaran berbagai informasi seputar kehamilan agar calon bunda tetap merasa aman dan nyaman hingga proses persalinan!


Premerital Check Up Itu Tidak Penting! ---> BERITA BOHONG!

Persiapan pernikahan yang cerdas merupakan salah satu cara terbaik dalam  mempersiapkan kehamilan yang sehat. Dalam hal ini persiapan pernikahan tidak hanya berujung pada berbagai detail kebutuhan yang diperlukan saat prosesi pernikahan saja. Lebih dari itu, diperlukan pula pemeriksaan kesehatan menyeluruh pada kedua calon mempelai yang dikenal dengan sebutan Premerital Check Up.

Sesuai dengan namanya, Premerital Check Up merupakan pemeriksaan kesehatan secara umum yang dilakukan pada pasangan yang hendak melangsungkan prosesi pernikahan. Pemeriksaan ini dapat mengetahui berbagai parameter kesehatan calon pasangan mulai dari riwayat penyakit turunan, penyakit menular hingga kondisi organ reproduksi serta kesuburan kedua belah pihak (calon suami dan calon istri). Tak perlu bingung saat ingin melakukan Premerital Check Up. Pasalnya Premerital Check Up dapat dilakukan di berbagai rumah sakit, seperti Mayapada Hospital Lebak Bulus ataupun Mayapada Hospital Tangerang. Tinggal dipilih yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda. Dokternya pun bisa dipilih sesuai dengan kompetensi yang sedang Anda butuhkan. Tinggal ketik lalu klik. Mudah, tepat, akurat pula!

Menurut literatur yang ada, waktu yang tepat untuk melakukan Premerital Check Up adalah 6 bulan sebelum pernikahan. Mengapa dilakukan jauh hari sebelum pernikahan? Karena jika diketahui ada kondisi  kesehatan yang kurang baik pada salah satu atau kedua mempelai, dapat dilakukan perawatan terlebih dahulu sehingga di hari pernikahan nanti kedua calon mempelai berada pada kondisi kesehatan yang benar-benar prima. Kondisi kesehatan yang prima tentu akan berdampak baik selama berlangsungnya prosesi kehamilan. Karena itulah persiapan kehamilan sejatinya tidak hanya dilakukan saat usai pernikahan saja, namun sangat penting dilakukan jauh hari sebelum hari H pernikahan tiba. 

Vaksin Itu Berbahaya! ---> BERITA BOHONG!

Dari sekian banyak berita bohong yang tersebar di dunia maya, hoax tentang bahaya vaksin bagi kesehatan menjadi salah satu topik hangat yang kerap dibahas berbagai pihak. Sayangnya hoax seputar vaksin masih banyak bertebaran di dunia maya. Umumnya pembuat berita bohong melakukan black campaign dalam berbagai sudut pandang, mulai dari pengertian vaksin yang salah kaprah, bahan pembuatan vaksin hingga reaksi tubuh seseorang usai diberi vaksin seperti “Sudah sehat kok diberi bibit penyakit sih?”, “Bukannya vaksin haram ya?” hingga “Lho, kok habis divaksin malah panas sih?”. Padahal jika ditelaah lebih lanjut, sejatinya pemberian vaksin dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit akibat infeksi kuman, bakteri ataupun virus yang dapat tidak dapat dicover oleh sisitem pertahanan tubuh. Tidak jarang, ketidaktahuan akan pentingnya vaksin berakibat fatal, mulai dari terjadinya infeksi penyakit pada janin hingga berujung pada keguguran janin.

Karena vaksin bersifat spesifik, tercatat ada beberapa jenis vaksin dasar untuk anak hingga vaksin pranikah yang dianjurkan diberikan pada wanita sebelum memasuki jenjang pernikahan seperti vaksin varicella, vaksin TT dan juga vaksin hepatitis B. Selain itu disarankan pula untuk melakukan vaksin MMR. MMR sendiri merupakan singkatan dari Mumps, Measles dan Rubella. Pemberian vaksin MMR dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecacatan pada bayi akibat infeksi virus rubella. Untuk informasi lebih lanjut terkait vaksin pranikah, Anda dapat menghubungi berbagai rumah sakit di Indonesia. Di sekitar ibukota, Anda dapat melakukan vaksin pranikah di Mayapada Hospital Lebak Bulus ataupun Mayapada Hospital Tangerang. Di kedua rumah sakit ini Anda dapat memilih dokter sesuai dengan kopetensi yang dibutuhkan melalui aplikasi yang tersedia di website (www.mayapadahospital.com). 

Khusus untuk vaksin MMR memang memerlukan biaya hingga jutaan rupiah. Namun manfaat yang didapat jauh melebihi harga yang harus dibayar jika buah hati terkena virus rubella. Bukankah mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati?

Fakta dan Mitos Seputar Informasi Kehamilan

Sehat Selama Kehamilan
Di fase kehamilan, baik calon ibu maupun calon ayah harus lebih pintar menelaah informasi yang dijadikan pedoman untuk memelihara kesehatan selama kehamilan, utamanya yang terkait dengan nutrisi bagi calon bayi. Nggak lucu juga kan kalau sampai si ibu jadi kekurangan nutrisi akibat mempercayai berita bohong? 

Lantas apa saja sih berita bohong yang masih sering beredar di dunia maya? Sebenarnya ada banyak berita bohong yang berkaitan dengan kehamilan. Dari sekian banyak hoax yang beredar, ada dua hal terpenting yang wajib diketahui ibu hamil karena berkaitan erat dengan asupan nutrisi harian selama fase kehamilan. Yang pertama adalah larangan makan steak supaya bayi lahir sempurna dan yang kedua adalah larangan minum air es karena bisa bikin bayi lahir besar. Yuk simak sama-sama!

*Tidak Boleh Makan Steak ---> MITOS

Sebagai penggemar steak, saya cukup kaget mendapati seorang sahabat yang tengah hamil percaya dengan berita bohong ini. Padahal masalah utama yang dikhawatirkan saat konsumsi daging bukan terletak pada jenis daging ataupun jenis masakannya, namun terletak pada kebersihan saat memasak dan tingkat kematangan pada daging yang tengah dimasak. Kebersihan dan kematangan ini mutlak pada semua jenis daging-dagingan lho, baik daging ayam, sapi, kambing hingga aneka olahan ikan ataupun hewan laut lainnya.

Ilustrasi Makanan Bergizi
Dalam hal ini kebersihan yang dimaksud tidak hanya berkaitan pada dagingnya saja, namun berkaitan erat pula pada berbagai peralatan yang digunakan untuk memasak seperti telenan, pisau hingga tempat daging mentah yang digunakan. Selain menghindari terjadinya kontaminasi silang pada masakan ataupun bahan pangan lainnya, kebersihan daging, dapur hingga peralatan masak penting diperhatikan agar tidak menimbulkan infeksi pada ibu hamil. Pasalnya aneka jenis daging, ikan ataupun hasil laut lainnya banyak mengandung salmonela. Jika tidak ditangani dengan baik, salmonela dapat menyebabkan demam tifoid hingga keguguran spontan.

Ilustrasi Bahan Makanan Sehat
Begitu pula saat olahan daging tidak dilakukan hingga matang betul. Saat daging tidak matang sempurna, ditakutkan masih ada salmonella hidup yang dapat menginfeksi janin. Karena itulah penting menjaga kebersihan dan kematangan daging dan olahan makanan lainnya, utamanya saat tengah memasuki fase kehamilan. Oiya, hal ini tidak hanya untuk daging saja lho! Sebaiknya semua makanan yang dikonsumsi, dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna, tidak terkecuali saat mengkonsumsi sayur-mayur. Seperti halnya daging, pemasakan sayuran berkaitan erat dengan flora alami yang berada di dalam sayuran mentah yang tidak hilang begitu saja meski telah dicuci bersih. 

Selain itu, untuk menghindari infeksi kuman ataupun bakteri, usahakan agar kebersihan tangan senantiasa terjaga baik. Jadi jangan lupa cuci tangan pakai sabun dan air mengalir baik sebelum ataupun sesudah makan. Saat mencuci tangan lakukan dengan cara yang benar sehingga tidak ada lagi kotoran yang menempel baik di telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari hingga bagian dalam kuku.

Ilustrasi Cuci Tangan

Minum Es Bisa Bikin Bayi Besar ---> MITOS

Selain perihal daging, masih banyak mitos yang tersebar luas dan masih dipercaya orang awam. Salah satunya adalah mitos minum air es bisa bikin janin tumbuh melebihi ukuran normal. Padahal yang bisa membuat janin besar bukan air es, melainkan kandungan gula yang biasa ditambahkan di dalamnya mulai dari sirup, susu kental manis hingga aneka jenis gula yang dapat menambah selera minum ibu hamil. Padahal konsumsi karbohidrat tidak hanya didapatkan dari konsumsi es semata bukan?

Dalam jus alpukat misalnya. Selain ditambah gula, seringkali masih diberi tambahan susu ataupun es krim. Bisa dibayangkan berapa jumlah kalori dalam segelas jus alpukat bertopping susu dan  es krim bukan? Meski bergantung pada berbagai faktor seperti periode kehamilan, jumlah asupan kalori tambahan yang diperlukan ibu hamil hanya berkisal 300 kalori saja. Jadi jika wanita dewasa rata-rata membutuhkan 2500 kalori/hari, wanita hamil hanya membutuhkan sekitar 2800 kalori/hari.

Selebihnya, pertambahan berat badan selama fase kehamilan pun perlu dikontrol dan dikonsultasikan dengan dokter kandungan. Pasalnya kadar gula darah ataupun berat badan ibu hamil berpotensi menimbulkan  gejala diabetes yang dikenal luas dengan sebutan diabetes gestasional. Selain dapat disebabkan karena adanya riwayat diabetes gestasional dalam keluarga ataupun tidak maksimalnya kinerja hormon insulin, diabetes jenis ini dapat muncul akibat indeks massa tubuh ibu hamil terlalu tinggi (lebih dari 30). 

Diabetes gestasional dapat membuat bayi lahir terlalu besar. Meski terkesan sepele, namun ukuran bayi yang terlalu besar dapat menyebabkan cidera saat proses persalinan. Belum lagi resiko kesehatan lain yang diderita oleh bayi seperti bayi lahir prematur, preklamsia hingga potensi terkena diabetes di kemudian hari. Waduh!

Lantas Apa yang Perlu Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Janin Saat Hamil?

*Usahakan Untuk Mengkonsumsi Nutrisi yang Seimbang
Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Terkait hal ini, Anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan yang dipercaya. Utarakan pula jika Anda mengalami alergi saat mengkonsumsi makanan tertentu. Intinya jangan malas untuk mengkonsultasikan perkembangan kehamilan hingga kendala yang tengah dihadapi.

Kalau mengalami gangguan saat mengkonsumsi makanan ataupun minuman seperti morning sickness, usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi meskipun dalam porsi kecil secara bertahap. Kalau tidak masuk, ya coba lagi. Tidak doyan yang ini, bisa cari alternatif lain yang itu. Ingat-ingat saja bahwasanya setiap kehamilan itu memiliki keunikannya masing-masing yang tidak bisa disama-ratakan dengan kehamilan orang lain. Apapun alasannya, setiap orang tua pasti ingin melalukan yang terbaik untuk calon buah hati. Jadi jangan pernah menyerah, apalagi jika ada suara sumbang dari depan, samping maupun belakang Anda.

*Sebisa Mungkin Hindari Hal-Hal yang Dapat Membuat Anda Stres 
Saat hamil, bisa saja Anda menjadi over sensitif dengan lingkungan sekitar. Meski terdengar sepele, namun bisa jadi hal ini dapat menimbulkan stres saat fase kehamilan. Anda dapat meminimalisir stres dengan melakukan berbagai hal mulai dari olahrada ringan, membaca buku, menonton film, karaokean hingga menikmati alunan musik favorit. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan hobi masing-masing. 

*Cukup Istirahat
Istirahat merupakan cara alami untuk mengembalikan stamina dan dan daya tahan tubuh. Karena itu usahakan cukup istirahat setiap hari. Untuk menghindari gigitan nyamuk, Anda dapat menggunakan cara alami seperti mengenakan pakaian yang tertutup hingga penggunaan kelambu di tempat tidur. Tinggal pilih yang sesuai dengan lifestyle Anda.

*Tangkal Hoax dengan Cara Cerdas
Ada banyak cara untuk menangkal hoax. Pertama dengan bertanya pada ahlinya. Dalam hal ini Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan yang dipercaya. Selain itu, Anda dapat memperoleh kebenaran berita dari berbagai situs yang kredibel. Misalnya saja dengan membuka website resmi departemen kesehatan. Dari situs ini tersaji aneka informasi penting mulai dari artikel ringan hingga paparan hasil penelitian. 

Selain itu Anda apat mencari kebenaran sebuah berita dengan menambahkan kata pdf sebagai kata terahir di laman pencarian. Selanjutnya tinggal pilih informasi dari situs yang kredibel seperti website resmi universitas dengan akreditasi baik, website penelitian yang kredibel hingga situs rumah sakit yang bereputasi baik seperti www.mayapadahospital.com. Keep healthy ya moomy-mommy cantik!



Salam hangat dari Jogja,
-Retno-


Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog dengan Tema “Mempersiapkan Kesehatan Sejak Dini untuk Investasi Masa Tua Nanti” yang Diselenggarakan oleh Mayapada Hospital.

Banner Lomba
(sumber: www.mayapadahospital.com)

1 komentar:

  1. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini ��Pesugihan Putih Tanpa Tumbal��

    BalasHapus

 

Cerita NOLNIL Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates